Pages

Membuat Subdomain Di Hosting Blogger (Blogspot)

Membuat Subdomain Di Hosting Blogger (Blogspot) - Pada tutorial blog kali ini. Saya ingin berbagi ilmu bagaiamana cara membuat subdomain di blogger (blogspot). Seperti yang kita ketahui, subdomain ini berfungsi untuk memisahkan bagian antara satu topik dengan topik yang lain supaya lebih terlihat beraturan, biasanya subdomain ini hanya bisa dibuat pada blog Self Hosting yang mempunyai Cpanel sendiri.

Namun bagi kita yang masih menggunakan blogger tidak usah berputus asa karena juga bisa membuat subdomain untuk blog kita. Tapi sebelumnya cara ini hanya berlaku bagi yang sudah mempunyai domain sendiri, baik itu yang gratis atau yang berbayar (seperti punya saya ini, hehe).
Bagi yang masih menggunakan blogspot harap segera mencari yang gratisan ( tapi hati-hati jangan sampai berakhir seperti [dot] co [dot] cc karena saya juga salah satu korbannya) atau segera membuka tabungannya untuk mengorder yang premium.

Kalau sudah mempunyai domain sendiri, slahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Membuat sebuah blog baru. blog baru inilah yang akan kita jadikan alamat subdomain.
Cara membuat blog baru dengan login ke akun blogger kemudian klik pada tulisan "Buat Blog" untuk lebih jelas lihat gambar dibawah

Masuk Ke jasa Name Server. Disini saya memakai jasa Dns Park, Kalau Sobat belum mempunyai Akun Dns Park. Bisa lihat caranya di  Membuat Subdomain Dan Setting DNS dengan DNS Park

Kalau sudah masuk pilih menu DNS Hosting 
Pilih Domain yang akan sobat buat subdomainnya

Lalu akan dibawa ke halaman pengaturan name server.
Cara setting name server. Lihat pada  "Add record", ganti "A" pada menu "type" menjadi "CNAME", kemudian pada menu "Alias Name" isi dengan nama subdomain yang akan dibuat.(misalnya sobat ingin subdomain seperti ini : blog.domainku.com maka isi Alias name dengan BLOG). untuk TTL jangan di ubah biarkan 3600 dan Dyn IP adress, silahkan isi dengan "ghs.google.com", tanpa tanda petik. kemudian klik "Update All"
subdomain sudah selesai, sekarang tinggal kita setting di blogger. 
Pilih Pengaturan kemudian Publikasi pada blog baru yang dibuat tadi.
Klik Costum domian, kemudian pilih "beralih ke pengaturan lanjut", isi dengan subdomain yang sudah dibuat tadi.
Oke, sekarang tinggal kita tunggu paling lama 48 jam agar subdomain kita bisa aktif.
Bagaimana sobat, Gampang bukan  Membuat Subdomain Di Hosting Blogger (Blogspot)