Pages

Jalan-Jalan ke Wisata Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan nama sebuah gunung yang sekarang dijadikan tempat wisata alam yang indah. Nah disini saya akan bererita mengenai jalan-jalan saya dengan teman-teman kemarin minggu. Sebelumnya kita simak dulu yang satu ini.

Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 C pada siang hari dan 2 C pada malam hari.

Berniat ke kawah putih, Ciwidey salah satu tempat wisata di Bandung, kami alihkan berwisata ke tangkuban perahu karena ada faktor terntentu, padahal dah sampai Ciwidey.. :(.

Berbekal dua motor kami awali perjalanan dari Jatinangor-Ciwidey-Tangkuban Perahu. Perjalanan tersebut sungguh melelahkan, kenapa tidak, dari ujung timur Kota Bandung kita berjalana menyusuri jalan Soekarno Hatta dan terusan Kopo hingga sampai Ciwidey, dan dari Ciwidey yang merupakan ujung selatan Bandung, kita berbalik arah ke arah Lembang dan tangkuban perahu yang merupakan ujung lain Kota Bandung.

perjalanan menyusuri jalanan tangkuban perahu

Perjalan ke Tangkuban Perahu diselimuti hawa sibuk dari pepohonan-pepohonan yang ada di sepanjang perjalanan dan warung-warung sate kelinci, kambing, dan ayam yang banyak. Untuk melepas lelah sebelum masuk ke Tangkuban perahu, kami beristirahat di salah satu warung tersebut.

Beristirahat di salah satu warung sate lesehan

Setelah sampai di Tangkuban Perahu, perjalanan kita juga gak sia-sia, karena pemandangan kawah gunung yang ditampilkan begitu indah dan eksotis. Uang masuk ke lokasi ini per orang 13.000 dan motor 5000.

Pemandangan kawah gunung yang eksotis

Di tempat wisata tersebut terdapat jalan setapak yang menyusuri pinggiran kawah tersebut dari atas, sehingga kita bisa melihat kawah tersebut dari berbagai sisi. Di sepanjang jalan setapak tersebut juga terdapat pasar-pasar yang menjajakan souvenir-souvenir menarik.




Pemandangan kawah gunung tangkuban perahu dari berbagai sisi.




Perjalan juga kami akhiri dengan sinngah sebentar ke Dago Pakar dan Gazibu. :)

Semoga postingan saya ini dapat menjadi referensi buat anda dalam berlibur ke Bandung.