Pages

Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird

Mozilla Thunderbird adalah e-mail client buatan Mozilla, produk ini sama populernya dengan Mozilla  Thunderbirdbrowser Firefox dari Mozilla. Mungkin kalian sering mendengarnya atau mungkin sudah menggunakan-nya?
Bagi kalian yang pertama kali menggunakan Mozilla Thunderbird, dan masih bingung untuk mengatur dan setting email di aplikasi ini dapat mengikuti tutorial Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird yang blog kaskot buat berikut ini:
1. Download dan install software-nya disini untuk mendapatkan versi terbaru Mozilla Thunderbird.
2. Setelah selesai diinstall jalankan programnya lewat shortcut yang ada di desktop atau cari dari start menu, biasanya setelah selesai di install akan muncul tampilan Account Wizard, pilih menu email account untuk membuat layanan client email.

 Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird 1
3. Kemudian isikan data yang diminta seperti Nama, alamat email dan password kalian kemdudian tekan tombol Continue. Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird 7
4. Pada window berikutnya tentukan pilihan konfigurasi protokol yang ingin digunakan, POP3 atau IMAP,
Berikut perbedaan POP3 vs IMAP secara mendasar, jika kalian memilih protokol POP3 (Post Office Protocol version 3) maka semua email yang ingin kalian buka dan baca akan didownload dan disimpan di dalam komputer yang kalian gunakan dan dapat dibuka kembali tanpa koneksi internet. Sedangkan untuk protokol IMAP (Internet Message Access Protocol), selain download, email akan disimpan di server dan ada sinkronisasi antara email client.
 Cara Menggunakan Mozilla Thunderbird
5. Setelah selesai mensetting tekan tombol Create Account, dan selesai, kalian dapat melihat akun email pada panel yang ditunjukkan di sebelah kiri aplikasi Thunderbird ini.
Jika kalian memiliki banyak akun email di yahoo, Gmail dan lainnya maka aplikasi Mozilla Thunderbird sangat tepat untuk kalian gunakan sebagai email-client.

Source: http://www.kasurkotor.com