Pages

Laporan Prakerin PT. Telekomunikasi

Kemarin Saya sewaktu melakukan kegiatan Prakerin, saya lebih memilih di PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk karena kegiatannya sangat baik sesuai dengan Jurusan yang saya pilih. Maka dari situ, saya berbagi Artikel mengenai Laporan Prakerin PT. Telekomunikasi yang sobat dapat gunakan sebagai Inspirasi dalam pembuatan Laporan atau Makalah Prakerin.

Sebelumnya Lihat juga artikel makalah dan Laporan, mungkin ini dapat berguna yaitu artikel Makalah Dampak Narkoba bagi Generasi Muda serta artikel Makalah Faktor Berkurangnya Minat Baca.

Jika sobat ingin melihat Artikel selengkapnya, dapat mengklik link Download di bawah ini, Artikelnya terjamin lebih lengkap.


Size                :  356 KB
Info                :  http://caratrikterbaru.blogspot.com/
Password       :  blogadexme

LEMBAR PENGESAHAN
LaporanPrakerin ini telah disetujui dan di Sahkan sebagai salah satu syarat memenuhitugas Sekolah untuk mengajukan syarat Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional diSMK SWASTA ASSISI Pematang Siantar Pada Tahun 2012.

Hari                    :  _______________________
Tanggal              :  _______________________
Tempat               :  _______________________


Menyetujui :
PembimbingPrakerin dikantor.                         PembimbingPrakerin dari Sekolah.


    Hidayat                                                          Sr. Patrisia Simanullang
    NIP.                                                                                                                          
                                                                                                                                                                      


                                        Mengesahkan,
                    Kepala Sekolah SMK SWASTA ASSISI.








                            Sr. PatrisiaSimanullang.




BABI
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Prakerin.
PraktekKerja Industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan danpelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikandi Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktek kerja secara langsungdan terarah untuk menambah keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruanadalah mempersiapkan lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.
Setiapsiswa Lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja Karenalulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/industri oleh karenaitu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu denganmelaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) agar setiap Siswa lulusan SMKmempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha, sebelum memasuki dunia usahatersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Padasaat ini Tekhnologi komunikasi berperan penting dalam kehidupan kita terutamadalam dunia global. Oleh karena itu Tekhnologi Komunikasi dapat mempermudahdalam mentransaksi data Berinvestasi, seperti Perbankan dan Pendidikan. Olehkarenanya kami Menggambarkan Struktur Jaringan Komunikasi Internet danKomunikasi Telepon.
PerkembanganTekhnologi dari waktu ke waktu telah mengalami banyak peningkatan. Salahsatunya Tekhnologi Informasi berupa Komunikasi data dan suara. Dengan adanyakomunikasi data dan suara tersebut, kita dapat mempermudah untuk melakukanberbagi Akses dan Transaksi data baik dalam bentuk data maupun suara baik dalamNegeri maupun Luar Negeri. Dapat di simpulkan bahwa komunikasi tersebutmemegang peranan penting dalam kehidupan kita, terutama untuk berbagai kalanganatau bisnis.

B.      Maksud dan Tujuan Prakerin.
1.      MaksudPrakerin.
v  AgarSiswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkandi Sekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.
v  Memantapkan,meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh siswa dalam duniakerja
v  Mengembangkandan memantapkan sikap professional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerjasesuai dengan bidang masing – masing.
v  Sebagaisarana komunikasi antara Siswa  SMKdengan Instansi atau kantor tempat pelaksanaan praktek kerja.
v  Memberikankesempatan kepada Siswa SMK untuk beradaptasi dengan suasana atau iklimlingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yangberkenan dengan di siplin kerja.
v  Memberikanmasukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.
Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, bahwa praktek kerja industri yangdi laksanakan pada instansi – instansi pemerintah atau swasta yang mempunyaitujuan tertentu, yaitu meningkat dan memperluas pengetahuan bagi siswa terhadapjenis-jenis lingkungan kerja.
2.   Tujuan Prakerin.
v  Mengutamakanpenyiapan Siswa/I untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap Profesionalisme.
v  Menyiapkansiswa agar mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan dapat mengembangkandiri.
v  Menyiapkantenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia kerja dan industripada saat ini maupun pada saat yang akan datang.
v  Menyiapkantamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, dan kreatif.
v  Menghasilkantenaga kerja yang memiliki keahlian Profesional yaitu tenaga kerja yangmemiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengantuntutan lapangan keja.
v  Memperkokohlink and match antara sekolah dengan dunia kerja.
v  MeningkatkanEfisiensi proses pendidikan dan pelatihabn tenaga kerja yang berkualitas dan Profesional.
v  Memberipengakuan dan peghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari prosespendidikan.
v  Siswa/Imampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapatkan diSekolah dan diterapkan pada Dunia Usaha.
v  Menambahpengalaman dan pengetahuan Siswa/I dalam melaksanakan PRAKTEK KERJA INDUSTRI.


C.      Tujuan Pembuatan Laporan.
Adapuntujuan pembuatan laporan dapat penyusun jabarkan sebagai berikut :
1.  Sebagai siswa mampu memahami,memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah maupunpengalaman serta dapat menerapkan dalam dunia industri.
2.  Siswa mampu membandingkan kemampuan yangdiperoleh di dunia pendidikan atau sekolah dengan kemampuan yang di butuhkandalam dunia keja.
3.  Siswa mampu mencari alternative,memecahkan masalah yang timbul dalam dunia kerja sesuai dengan program studiyang menjadi pilihannya.
4.  Mengumpulkan data guna keperluan sekolahdimasa yang akan datang khususnya dalam masalah pelaksanaan praktek kerjaindustri (Prakerin) sehubungan dengan tujuan yang ingin dicapai.
5.  Untuk mengembangkan daya kreatif siswa.
6.  Menambah perbendaharaan perpustakaan danmenunjang pentingnya siswa angkatan berikutnya.

D.      Sasaran Pokok Prakerin.
Melihat kenyataan  diatas,  Dikmenjur menetapkan  strategi  operasional yang  berdasarka  kepada kebijakan  “Link  and Match”  (kesesuaian  dan kesepadanan)  Departemen  Pendidikan dan  kebudayaan dalam modelpenyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai  dengan ketentuan-ketentuan  yang  tertuang dalam  Undang-undang Nomor 2 tahun1989 tentang system Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun  1990 tentang  Pendidikan  Menengah, PP  Nomor  39 1992  tentang Peran sertaMasyarakat dalam PendidikanNasional, Kepmendikbud Nomor 080/U/1992 tentangSeklah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulumSMK.

E.      Alasan Tempat Pemilihan Prakerin.
Rentang waktu pelaksanaan Prakerin SMKSWASTA ASSISI Pematang Siantar Tahun Pelajaran 2011/2012 dimulai sejak Tanggal13 Juni Sampai dengan Tanggal 18 Agustus 2011 dan diikuti oleh semua siswa.Sedangkan untuk tempat Prakerin masing-masing siswa berbeda, hal inidikarenakan untuk penentuan tempat Prakerin ditentukan oleh guru disampingminat siswa sendiri. Dalam hal ini kami memilih tempat di PT. TELKOM INDONESIA,Jln. Mongonsidi No.6 Medan yang memberi kesempatan untuk melaksanakan PraktekKerja.

Adapun alasan kamimemilih tempat tersebut adalah :
1.     Ingin mengetahui tentang JaringanTelepon dan Speedy.
2.     Ingin mengetahui apa itu jaringan didunia internet dan Wireless.
3.     Ingin mengetahui dunia kerja.
4.     Ingin mendapatkan tambahan pengalamanyang belum didapat selama di sekolah.
5.     Tempatnya sesuai dengan jurusan yangdipilih yaitu Rekayasa Perangkat Lunak.


F.       Manfaat Kegiatan Prakerin.

Kegiatan Prakerin sangatlah bermanfaatbagi kegiatan Siswa yang akan melewatkan tingkatan SLTA, agar dalam melakukankegiatan pekerjaan lebih mudah karena sudah mengetahui kegiatan yang dilakukandi dalam dunia kerja. Prakerin adalah sebagai pemacu Siswa dalam melakukankegiatan kerja nantinya di kemudian hari. Sehingga Siswa yang akan langsungterjun ke dunia kerja tidak mengalami kebingungan karena sebelumnya sudahpernah melakukan kegiatan Prakerin.
Dengan secara jelasnyaakan tertulis di bawah ini :
1.     Menambah pengalaman Siswa dalam kegiatandunia kerja.
2.     Mengetahui apa yang belum diketahui olehSiswa.
3.     Menambah keterampilan Siswa dalam halbekerja.
4.     Memacu semangat Siswa agar semakin giatbelajar dan bertindak lebih baik.



BABII
GAMBARANUMUM PERUSAHAAN

A.      Latar Belakang Perusahaan.
PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk. (“TELKOM” atau “Perusahaan”) merupakan perusahaan InfoComm yang memilikilayanan paling lengkap dan jaringan terbesar di Indonesia, saat ini telahmemperluas portofolio bisnisnya menjadi Telekomunikasi, Informasi, Media dan Edutainment(TIME). Dengan meningkatkan infrastruktur, memperluas teknologi NextGeneration Network (NGN) dan memobilisasi sinergi di seluruh jajaranTELKOM Group, TELKOM dapat mewujudkan dan memberdayakan pelanggan ritel dankorporasi dengan memberikan kualitas, kecepatan, kehandalan dan layananpelanggan yang lebih baik.
TELKOM dalam keorganisasianbergabung dengan perusahaan-perusahaan sejenis baik lokal maupun internasional.Untuk lingkup nasional TELKOM menjadi anggota di Masyarakat TelematikaIndonesia (MASTEL), Asosiasi Satelit Indonesia (ASSI), Asosiasi KliringTelekomunikasi Indonesia (ASKITEL), Corporate Forum for CommunityDevelopment (CFCD). Untuk lingkup Internasional TELKOM menjadi anggota di AsiaPacific Network Information Centre (APNIC), yaitu organisasi non profityang bertujuan untuk menjaga sumber daya internet di kawasan Asia Pasifik agarstabil dan handal. Keanggotaan di ITU-D (bertanggungjawab membuat kebijakan danmenyediakan program pelatihan serta strategi pendanaan untuk negara-negaraberkembang di bidang telekomunikasi) dan ITU-T atau bertanggungjawab dalampembuatan standar-standar telekomunikasi.

B.      Sejarah Perusahaan.
Tahun 1975 merupakan awal perjalananusaha PT Infomedia Nusantara menjadi perusahaan pertama penyedia layananinformasi telepon di Indonesia. Di bawah subdivisi Elnusa GTDI dari anakperusahaan Pertamina, Infomedia telah menerbitkan Buku Petunjuk Telepon TelkomYellow Pages.
Perkembangan yang tercatatselanjutnya adalah berdirinya PT Elnusa Yellow Pages di tahun 1984 yang berubahnama di tahun 1995 menjadi PT Infomedia Nusantara pada saat PT Telkom Tbkmenanamkan investasi. Untuk mendukung implementasi Good Coorporate Governancedalam setiap aspek kegiatan perusahaan, Infomedia telah mengeluarkan kebijakanpedoman tata kelola perusahaan di tahun 2008.
Pada tanggal 30 Juni 2009 PTTelekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui PT Multimedia Nusantara (Metra), anakperusahaan yang 99,99% milik Telkom (selanjutnya disebut Telkom Group) telahmenandatangani Shares Sales & Purchase Agreement (SPA) untuk membeli49% saham PT Infomedia Nusantara (Infomedia) milik PT Elnusa Tbk (Elnusa),sehingga 100% saham PT Infomedia Nusantara telah dimiliki oleh Telkom Group.
Saat ini, Infomedia, sesuai denganvisinya menjadi penyedia jasa layanan informasi yang utama dikawasan regionaltelah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut denganmengoptimalkan kompetensi untuk mengambil opportunity dalam pengembanganbisnis kedepan melalui transformasi bisnis dari 3 Pilar Bisnis ( LayananDirektori, Layanan Contact Center dan Layanan Konten ) menuju LayananOutsourcing atau Business Process Outsourcing ( BPO ) dan Layanan KontenDigital atau Digital Rich Content ( DRC ).
Layanan Outsourcing atau BusinessProcess Outsourcing (BPO) didefinisikan sebagai  bisnis penyediaan jasaalih-daya (outsourcing) oleh pihak ketiga bagi perusahaan untuk satuatau beberapa fungsi bisnis dalam jangka panjang (multi year contract).Bisnis Layanan Outsourcing (BPO) yang telah dijalani Infomedia saat iniberbasis layanan voice yaitu Layanan Contact Center baik untuk inboundmaupun outbound dan non voice seperti direct mail dan webdevelopment. Namun saat iniInfomedia telah membagi bisnis LayananOutsourcing (BPO) kedepannya dalam empat kelompok berdasarkan basis layananyaitu: Contact Center Services, HR Services, IT Services dan Direct Mail.
Sedangkan pengembangan bisnisLayanan Konten Digital (DRC) didasarkan oleh semakin berkembangnya kebutuhaninformasi yang semakin cepat dan mobile, perubahan gayahidup   dan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Infomediamembagi bisnis DRC dalam 3 bagian, yaitu; printed (Yellow Pages,White Pages & Special Directory ) , mobile (mobile application,SMS)dan online (online ad, e-commerce, membership).
Keseluruhan produk dan layananInfomedia merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan solusi layananinformasi dan komunikasi yang prima bagi customer dan masyarakat di Indonesia.

C.      Struktur Organisasi Perusahaan.
Dalampengelolaan organisasinya, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki sebuahDewan Komisaris yang terdiri dari 1 (satu) ketua dan 4 (empat) anggota sertasebuah Dewan Direksi yang beranggotakan 1 (satu) orang Presiden Direktur atauCEO dan 4 (empat) orang anggota Dewan Direksi lainnya yang memiliki fungsi dantanggung jawab yang berbeda seperti Direktur Sumber Daya dan BisnisPendukung/CIO, Direktur Bisnis Jaringan Telekomunikasi, Direktur Bisnis danJasa Telekomunikasi, dan Direktur Keuangan/CFO.
Sebagaisebuah holding company, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. memiliki beberapabuah anak perusahaan terafiliasi seperti PT Telekomunikasi Selular Indonesiayang bergerak sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi bergerak selular, PTIndonusa Telemedia yang menangani bisnis multimedia penyiaran dan Internetdengan nama produk TELKOMVision dan PT Infomedia Nusantara yang mengelolabisnis penerbitan Buku Petunjuk Telepon (Yellow Pages) dan Call Center.
Selain anak perusahaan tadi, dalam menjalankanoperasi perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. telah mengelompokanunit-unit yang ada dalam organisasi ke dalam bentuk Divisi, Center dan Yayasan.....


(Lihat Artikel Selengkapnya dengan Cara klik link DOWNLOAD di atas...).

NB : Kurang lebih tampilan File Ms. Word yang di Download akan lebih lengkap dan sama dengan Artikel di atas, jadi Sobat tidak perlu Capek2 Copy Paste Artikel tersebut, tidak ada salahnya jika sobat Download Artikel Full di atas!.