Pages

Apa Itu TLD (Top Level Domain), Pengertian, Macam-Macam, dan Bagaimana Cara Mendapatkannya.

Mumpung saya baru pake domain TLD, saya ingin menjelaskan sedikit, Apa itu TLD atau yang biasa disebut Top Level Domain.

Dalam dunia internet sering kita dengar TLD atau yang biasa disebut Top Level Domain dan berbagai macam bentuknya.

Pengertian Domain
Sebelum mengetahui apa itu TLD, mungkin disini saya akan menjelasakan apa itu domain atau nama domain. Domain atau nama domain menurut Wikipedia adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Pengertian Top Level Domain (TLD)

TLD atau Top Level Domain Name adalah ektension atau kata yang berada dibelakang domain seperti .com (dot commercial), .net (dot network), .org (dot organization), .info (dot information) .edu (dot education), .gov (dot goverment), dan .mil (dot military).

Ada dua Top Level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah domain yang akhiran .com, .net dan .org sedangkan ccTLD adalah TLD yang dikhusus untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, go.id, net.id dll) atau Jepang dengan kode jp (co.jp, ne.jp, or.jp dll).

Bagaimana Cara Top Level Domain (TLD)
Cara mendapatkan Top Level Domain (TLD) sangat mudah karena sangat banyak penyedia TLD baik lokal maupun luar. Contoh yang dari luar ialah GoDaddy.com yang banyak menyediakan promosi dan diskon di waktu tertentu. Sekarang aja dot Info di GoDaddy cuma 1,9 Dolar. Contoh untuk penyedia lokal ialah RumahWeb.Com.

Atau jika anda ingin mempunya ccTLD domain Indonesia bisa kunjungi Pandi.Or.Id.

Keuntungan Memiliki Top Level Domain (TLD)
Keuntungan yang dapat diperoleh jika memiliki Top Level Domain (TLD) ialah hasil pencariannya lebih diutamakan di search engine. Sehingga situs yang menggunakan Top Level Domain akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google. Selain itu (TLD) membuat blog anda terlihat lebih profesional dan lebih ganteng ^^ dan pengunjung juga mudah mengingat domain blog anda.