Pages

Cara Memasang Meta Tag di Blogger


Meta tag merupakan sesuatu hal yang penting dalam suatu blog untuk mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO) nya. Meta tag ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai deskripsi atau gambaran dan isi suatu blog/website. Kebanyakan Blogspot/Blogger apalagi dengan template bawaan/official biasanya belum memiliki meta tag ini, oleh karena itu, untuk mengoptimalkan pencarian di search engine (SEO), meta tag perlu ditambahkan.

Berbagai macam Meta Tag

Yang harus kita ketahui pertama-tama adalah meta tag itu terdiri dari berbagai macam contohnya meta tag description, meta tag keywords, meta tag robots, meta tag geo location, author dan lain-lain. Tetapi yang terpenting dalam SEO adalah tiga meta tag ini.

Meta Tag Description
Meta Tag ini digunakan untuk memberikan deskripsi atau gambaran umum dari blog. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan usahakan agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut :

<meta name="description" content="Spider Share dot info is blog that sharing anything in everything">

Meta Tag Keyword
Ini merupakan meta tag terpenting dalam optimalisasi SEO, karena dalam meta tag ini menyajikan kata-kata kunci (keywords)yang membantu blog tersebut ter-indeks oleh mesin pencari. Contoh penulisan meta tag keywords adalah sebagai berikut :

<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, dst>

Meta Tag Robots
Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindex oleh spider dan halaman web mana yang tidak.
Ada dua pilihan dalam meta tag ini yang pertama "index follow" atau "noindex nofollow"

Jika kita memakai perintah "index follow", Dengan perintah ini spider akan meng-index main page dan menjadwalkan untuk mengindex halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="">)

<meta name="robots" content="index follow">

Atau jika kita memakai perintah "noindex nofollow", Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.

<meta name="robots" content="noindex nofollow">

Bagaimana cara menambahkan meta tag di blogger ??
Cara menambahkan meta tag tersebut ke blogger sangat mudah, yaitu tinggal meletakkan kode-kode meta tag yang seperti contoh tersebut di bawah <title><data:blog.pageTitle/></title>. Kalau terdapat error karena kode tersebut tidak ditemukan atau yang lain-lain, letakkan di berbagai tempat diantara <head> dan </head> atau dengan mudahnya letakkan dibawah <head>.

Atau sederhananya bisa juga dengan cara meletakkan kode berikut pada tempat seperti diatas.
<meta content=' Tulis deskirpsi disini' name='description'/>
<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
<meta content='INDEX FOLLOW' name='ROBOTS'/>

Yang berwarna MERAH, diganti sesuai keinginan anda dan blog anda.

Oke, sekedar berbagi, jika ada sesuatu kesalahan atau pertanyaan, tolong berkomentar, kita juga sama-sama belajar dan sharing satu sama lain.

Terima Kasih.