Pages

Perbedaan antara Windows 7 Starter, Home Basic, Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate

BlogadexmePerbedaan antara Windows 7 Starter, Home Basic, Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate, Kedatangan Windows 7 saat ini berbuahkan hasil yang baik setelah menggantikan Windows Vista yang sebelumnya memiliki beberapa kekurangan. Penambahan vitur-vitur yang lengkap pada Windows 7 ini membuat kita semakin antusias ingin menggunakannya.

Ada beberapa Edisi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk Windows 7 yang perkembangannya sangat pesat kali ini, yaitu Starter, Home Basic, Premium, Professional, Enterprise dan Ultimate. Edisi ini hanya sebagian perbedaannya terletak pada vitur-vitur bawaannya. Tapi jika kamu ingin Upgrade ke vitur yang lebih tinggi lagi kamu tidak prlu menggunakan DVD Aslinya melainkan menggunakan Windows Anytime Upgrade. Untuk lebih jelasnya lagi pada setiap Edisi Windows 7 kamu simak satu-persatu Edisi-edisi Windows 7 berikut ini.

Windows 7 Starter.                                                                                                     

Dengan windows 7 starter pengguna tidak bisa mengubah wallpaper atau theme windows. Pada awalnya Windows 7 Starter dibatasi hanya bisa menjalankan 3 program satu waktu, tetapi akhirnya keterbatasan ini dihilangkan, sehingga pengguna tetap bisa menjalankan banyak program dalam satu waktu, dibatasi jumlah memory saja.
Fitur Utama    :  Taskbar, Jump list, Windows Media Player, Backup & Restore,  Action Center, Device Stage, Play to, Fax anda Scan dan Game sederhana.
Kelemahan     :  Tidak ada Aero glass, berbagai fitur modifikasi desktop, windows touch, media center, live thumbnail preview, home group creation, tidak ada Multi bahasa, maksimal RAM 2 GB, tidak terseda versi 64bit.

Windows 7 Home Basic.                                                                                             

Dengan Windows 7 Home Basic Banyak para User yang semula mengunakan ini, namun setelah mahir akan berpindah ke Edisi yang lebih tinggi lagi.
Fitur Utama    :  Multiple monitor, fast user switching (berganti user), desktop wallpaper, desktop windows manager, network printing, internet connection sharing, sebagian windows aero.
Kelemahan     :  Tidak bisa membuat Homegroup baru, tidak disertakan DVD decoder ( MPEG-2 dan Dolby Digital), tanpa multi touch, premium games, Windows Media center, tidak ada Multi bahasa, dukungan Windows Aero tidak penuh.

Windows 7 Home Premium.                                                                                        

Dengan Windows 7 Home Premium tidak jauh beda dengan Home Basic hanya sedikit penambahan yang lebih lengkap lagi untuk Windows yang satu ini.
Fitur Utama    :  Aero Glass, Aero Background, Windows Touch, Membuat Home group baru, Media Center, DVD Playback dan pembuatan, premium games dan Mobility Center.
Kelemahan     :  Domain join, Remote desktop host, backup dari jaringan, Encryption File System, Offline Folder.

Windows 7 Professional.                                                                                              

Dengan Windows 7 Professional dapat menawarkan semua fitur edisi dibawahnya. Juga mulai ada fitur Windows XP Mode yang tidak disediakan di edisi dibawahnya.
Fitur Utama    :  Windows XP Mode, Domain Join, Remote desktop host, location aware printing, mobility center, presentation mode, offline folder.
Kelemahan     : BitLocker, BitLocker toGo, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI Language Pack, booting dari VHD.

Windows 7 Enterprise.                                                                                                  

Dengan Windows 7 Enterprise yang Selain perbedaan mengenai lisensi, Windows 7 Enterprise mempunyai fitur yang sama dengan Windows 7 Ultimate.
Fitur Utama    :  BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.
Kelemahan     : Lisensi Retail.

Windows 7 Ultimate.                                                                                                     

Dengan Windows 7 Ultimate adalah beberapa fitur utama atau penting yang bisa dijadikan gambaran. Tiap edisi windows diatasnya menyertakan semua fitur edisi windows dibawahnya, dan keterbatasan tiap edisi yang dijelaskan diatas, biasanya ada di edisi windows atasnya.
Fitur Utama    :  semua fitur windows 7 edisi sebelumnya ditambah dengan BitLocker, BitLocker To Go, AppLocker, Direct Access, Branche Cache, MUI language packs, boot from VHD.
Kelemahan     : Volume Licensing.

Thanks!